-->

Pengertian Custom Room serta kelebihan dan kekurangannya


Custom room adalah sebuah firmware/room yang telah dimodifikasi oleh developer pihak ketiga dengan maksud dan tujuan menambahkan atau mengubah fitur yang tidak ada pada fimrware asli (Stock room).

Sebelum mengetahui Custom Room lebih lanjut, Lalu apa si perbedaan Stock room dan Custom room ?

Stock room adalah firmware Resmi atau bawaan yang disediakan oleh vendor dan telah melalui beberapa test yang dilakukan oleh vendor tersebut. Jadi apabila smartphonemu belum pernah melakukan flashing maka sudah bisa dipastikan bahwa kamu sedang menggunakan  Firmware Asli dari vendor atau Stock room.

Namun Stock Room ini jumlahnya sangat terbatas berbeda dengan custom room yang ada ribuan jenis dari beberapa pengembang yang ingin melakukan Oprek/Mod Firmware.

Lalu Apakah ada firmware yang tidak resmi ? Tentu saja ada, custom room adalah firmware yang tidak resmi tersebut tapi walaupun tidak resmi pihak pengembang(bukan vendor dari hp tersebut) tetap menyesuaikan dengan type smartphone kamu agar dapat digunakan dengan baik nantinya.

Tujuannya sudah jelas yaitu Menambahkan Fitur atau melakukan perubahan yang tidak bisa didapatkan pada stock room/firmware bawaan. Contohnya seperti Samsung galaxy mini GT-6500D saya yang menjalankan Os Gingerbread  dapat merasakan Os Jelly bean, Andromax A16C3H yang dapat merasakan Room Miui seperti Xiaomi dan masih banyak lainnya.

Salah satu tempat download Custom room yang terbaik adalah CyanogenMod yang sekarang diganti menjadi lineageOs. Namun tidak semua perangkat dapat menjalankan Custom room. Karena setiap vendor memilih untuk membatasinya sesuai dengan kebijakan masing-masing, Dan kamu perlu mengetahui beberapa cara untuk memilih Custom room yang cocok untuk Smartphonemu.

Bagaimana cara memilih Custom room yang benar untuk Smartphone kamu ?

  1. Pastikan kamu memilih Custom room yang sesuai dengan type Smartphonemu
  2. Setelah mendapatkan custom room yang sesuai dengan type smartphonemu, jangan langsung menginstallnya kamu harus mengetahui bug yang ada pada Custom room tersebut. Kamu bisa masuk forum yang membahas tentang Custom room tersebut, seperti XDA Developer, Namun biasanya terdapat deskripsi bug yang sudah tertera pada Custom room tersebut.
  3. Setelah kamu mengetahui bug yang ada pada custom room tersebut, setidaknya kamu harus mencari tau apakah bug tersebut dapat diatasi atau tidak.
  4. Apabila kamu sudah yakin maka ikuti langkah-langkahnya dengan benar dan mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Dan yang sangat penting adalah pastikan saat proses baterai kamu terisi setidaknya 80%,  untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Mungkin itu sedikit tips cara memilih custom room yang benar sesuai dengan type smartphonemu, Lalu apa sajakah kelebihan Custom room ?


1. Menambahkan Fitur-fitur yang tidak terdapat pada vendor Resmi


Ini merupakan fitur yang paling diincar bagi sebagian orang, karena seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa jumlah custom room ini sangat banyak dan bervariasi dan lebih hebatnya lagi setiap custom room memiliki keunggulanya masing-masing seperti kinerja bagus dan cepat saat bermain game, kemampuan kamera meningkat, baterai menjadi lebih irit dan bahkan menambahkan kemampuan unik yang tidak bisa didapatkan pada Stock Room.


2.  Meningkatkan Performa smartphonemu


siapa sih yang tidak ingin smartphonenya cepat, Mungkin Custom room bisa menjadi solusinya, salah satu kelebihan custom room adalah meningkatkan kinerja smartphone karena Custom room sudah dibekali dengan sebuah kemampuan yang telah ditambahkan oleh developer Room tersebut. 


3. Mengubah tampilan Smartphone menjadi lebih menarik



Dengan Menginstall Custom room maka tampilan interface smartphonemu akan berubah dan kamu akan merasakan seperti mempunyai Smartphone baru terutama jika kamu yang bosan dengan tampilan Smartphone yang begitu-begitu aja, Contohnya jika kamu menginstall Custom room Miui maka akan seperti tampilan Xiaomi, masih ada Cyanogenmod , dan masih banyak lainnya.


4. Mengupgrade ke versi Android Baru



Kelebihan Custom room lainnya adalah dapat meningkatkan versi Android Karena dengan meningkat versi Android tentu saja kinerja smartphone menjadi lebih baik dan kamu tentu saja dapat menjalakan aplikasi terbaru tanpa adanya masalah, Namun Tidak semua Custom room Dapat meningkatkan Versi Android.

Kerugian dan kelemahan Custom Room ?

1. Garansi Smartphone akan hilang ketika kita menginstall custom room

Sudah sangat jelas apabila kamu menginstall custom room atau menginstall Rom yang tidak dibuat oleh vendor resmi maka garansi smartphonemu akan hilang. Sama halnya seperti root karena Vendor resmi tidak mau bertanggung jawab apabila pengguna telah melakukan perubahan pada operating systemnya, ini merupakan konsekuensi yang harus kamu terima apabila menginstall custom room.

2. Tidak terdapat pembaruan otomatis pada firmware

Umumnya pembaruan otomatis selalu kita dapatkan pada firmware Resmi(Stock Room) Namun tidak pada Custom room, karena Custom room biasanya dibuat oleh individu atau perorangan jadi tidak membuat pembaruan otomatis.

3. Ada Beberapa fitur dan aplikasi yang dihilangkan

cukup disayangkan apabila beberapa aplikasi akan dihilangkan atau dihapus karena kita menginstall custom room. Namun tak perlu khawatir dengan dihilangkannya beberapa aplikasi dapat membuat kinerja smartphonemu naik karena proses Ram menjadi lebih lega.

4. Masih ditemukannya Bug

Ini merupakan hal yang sangat disayangkan karena masih terdapat Bug pada custom room,
Setiap Custom Room memiliki bugnya masing-masing, Oleh karena itu selalu selektif dalam memilih room dan Mendownloadnya di tempat yang terpercaya.

Sekian Penjelasan mengenai penjelasan Custom room,kelebihan dan kekurangannya, Sesuatu seperti Mengganti, memperbaiki maupun melakukan modifikasi pada Room Smartphone Umumnya dinamakan Proses Flashing. Untuk mengetahui tentang Flashing lebih lanjut kamu bisa baca Pengertian Flashing dan Langkah-langkah pentingnya.

Jadi lebih baik mana ?? Flashing menggunakan Stock Room atau Custom room ? kalau ini kembali ke diri kalian masing-masing namun saya lebih merekomendasikan lebih baik Flashing menggunakan Stock Room terlebih dahulu karena sudah diuji dan meminimalisir Kegagalan.

Mungkin Setiap Smartphone sudah dibekali setidaknya 3 model Stock room dengan kode yang berbeda. Dan jika kamu bosan dengan tampilan begitu-begitu aja tidak ada salahnya juga mencari custom yang banyak jenisnya kamu hanya tinggal mencarinya.

Oh ya apabila ada yang ingin ditanyakan, kamu bisa tanya lewat kolom komentar
Terimakasih dan Semoga bermanfaat :v







Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Pengertian Custom Room serta kelebihan dan kekurangannya"

  1. Mantap...jadi Tau kelebihan Dan kekurangan custom room.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih telah berkunjung Mas Ronaldi

      Delete

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel