-->

Ciri-ciri dan tanda smartphone yang sedang terkena virus atau malware

Smartphone sudah menjadi kebutuhan selain setiap orang, dan semakin lama pula smartphone mempunyai banyak perkembangan baik software maupun hardware, selain untuk media komunikasi smartphone juga sebagai hiburan karena mampu melakukan banyak hal.

Namun, apakah kalian ketahui mengoperasikan smartphone secara sembarangan dapat mendatangkan yang namanya malware / virus. Secara tidak langsung virus ini dapat membuat kinerja smartphone kita menurun, Ok langsung saja inilah ciri-ciri smartphone yang terkena virus:


1. Smartphone  lemot / sering Hang


inilah ciri pertama smartphone yang terkena virus yaitu kinerja smartphone menjadi menurun / lemot tidak seperti biasanya dan lebih parahnya sering hang, terutama jika kamu sudah mengecek kapasitas ram dan tidak terdapat kerusakan system pada smartphonemu.

Tentunya kendala ini sangat mengganggu, apabila sudah seperti ini segeralah untuk memasang antivirus dan menghapus aplikasi yang mencurigakan.


2. Baterai menjadi mudah habis / Drop


Apabila baterai kamu cepat habis bisa jadi bukan  karena baterainya sendiri melainkan karena malware / virus. Biasanya ciri-ciri ini ditandai dengan berjalannya aplikasi dibalik layar tanpa sepengetahuan kita sehingga menyebabkan bertambahnya konsumsi baterai yang menyebabkan baterai menjadi boros.


3. Banyaknya aplikasi dan file yang mencurigakan


Apabila kamu menemukan aplikasi atau file-file yang mencurigakan / tidak dikenal bisa jadi ini disebabkan oleh virus. Untuk mengatasinya kamu bisa menghapus aplikasi mencurigakan tersebut dengan safe mode dan menscan file yang terkena virus.


4. Kuota menjadi boros




Pernahkah kamu mengalami  paket internet yang cepat habis ? padahal kamu tidak banyak mengakses internet, bisa jadi ini disebabkan karena virus  yang menyedot paket internet kamu. Biasanya di tandai dengan munculnya pesan tidak jelas dan munculnya iklan pop up.

Kamu bisa cek aplikasi apa saja yang menghabiskan kuota internet kamu di Pengaturan => Penggunaan data dan kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang menyedot kuota kamu, jika aplikasi tersebut sering kamu gunakan tidak masalah.

Namun apabila terdapat aplikasi yang jarang kamu gunakan atau tidak dikenal menyedot kuota kamu bisa jadi itu adalah malware / virus. Segeralah hapus aplikasi tersebut.


5. Smartphone sering mati sendiri / Booting



Ciri-ciri smartphone yang terkena virus berikutnya adalah smartphone sering mati sendiri atau merestart sendiri.  Apabila kamu sedang menggunakan hp lalu tiba-tiba hp kamu merestart otomatis coba kamu bisa cek terlebih dahulu apakah ada masalah dengan ram / baterai. Namun apabila tidak terdapat masalah maka sudah pasti smartphonemu terjangkit virus.  


Kesimpulan:
Mungkin virus ini bisa menjangkit tanpa kamu ketahui, perlu di ingat  untuk mengatasi virus caranya berbeda-beda karena ketangguhan dari virus itu sendiri juga berbeda-beda, oleh karena karena itu selalu selektif dalam memasang aplikasi, kamu harus mengetahui dengan jelas apakah aplikasi tersebut berbahaya atau tidak.

Demikian beberapa ciri-ciri smartphone android yang terkena virus ,Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ciri-ciri dan tanda smartphone yang sedang terkena virus atau malware"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel