-->

Penyebab Imei Android Hilang

Imei merupakan bagian dari Hp Android yang cukup penting, karena tanpa imei Hp Android tidak dapat menerima sinyal / jaringan dan Tentu saja hp Android tidak dapat melakukan panggilan telepon, sms, dan bahkan tidak dapat digunakan untuk internet, Penyebab hilangnya imei di Android sangat beragam dan terutama sering terjadi pada smartphone berbasis MTK (Mediatek).


Lalu apakah penyebab imei android hilang / invalid imei ??

Salah Satu Penyebab Imei Android hilang adalah Karena melakukan Flashing, custom room, dan menginstall room yang di install tidak sesuai dengan device Hp Android.
Flash merupakan proses menginstall ulang sistem operasi yang tentu saja mengubah partisi dan apabila partisi melebihi ukuran maka CWM/TWRP ini akan menimpa partisi lain yang berada setelah partisi recovery, yaitu partisi secro.

Partisi secro tersebut menyimpan file yang diperlukan untuk membaca IMEI dari NVRAM.Bin.
Dan apabila partisi Secro corrupt maka Sinyal GSM akan invalid yang menyebabkan Hp Android tersebut tidak dapat menerima sinyal.

Saya Sendiri pernah mengalami hilangnya imei di Lenovo S5000 Setelah melakukan flashing karena sebelumnya Smartphone Saya ini terkena virus yang cukup parah yang tidak dapat dihilangkan melalukan factory reset, Setelah saya melakukan flash Lenovo S5000 saya tidak mendapatkan sinyal atau jaringan.


Terus saya mencari tahu kenapa Smartphone saya tidak bisa mendapatkan sinyal ??
Setelah saya Cek ternyata Imei di Smartphone saya Null/invalid. Setelah itulah saya menyadari bahwa ternyata fungsi Imei Pada smartphone sangat penting.

"hehe sorry jadi curhat"

Untuk mengecek Imei  kamu dapat melakukan dial *#06# nanti akan muncul nomor imei yang kamu gunakan atau bisa juga dengan cara masuk ke pengaturan, caranya Buka menu Pengaturan(Setelan) => Tentang ponsel => Cari menu imei.


lalu bagaimana apabila imei android saya terlanjur hilang/invalid ??

Kamu bisa baca Cara mengembalikan imei yang hilang di Android

Mungkin kesimpulannya adalah imei sebenarnya sangat penting untuk Hp android, sebenarnya penyebab imei dapat menghilang di Android masih banyak, penyebab di atas hanya ringkasannya saja namun penyebab di atas adalah yang paling sering terjadi, dan apabila smartphone kamu memiliki masalah setidaknya untuk coba perbaiki sendiri terlebih dahulu dan apabila kamu memiliki masalah kamu bisa bertanya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat,


Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Penyebab Imei Android Hilang"

  1. Gan, kalau IMEI SV 00 itu kenapa ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu artinya imei tidak ada/ tidak kedetect gan, coba baca postingan saya sebelumnya http://sachmad28.blogspot.com/2017/08/cara-mengembalikan-imei-android-yang.html

      Delete
  2. gan kalau hp xiaomi di install biasa, kode imei nya bisa ilang atau nggak ya?

    ReplyDelete

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel