-->

Pengertian Flashing dan langkah-langkah pentingnya

Apa itu Flashing ??

Bagi yang suka ngoprek Android pasti tidak asing lagi dengan yang namanya flashing atau menginstall kembali Sistem operasi agar kembali fresh atau seperti baru, baik menggunakan Stock room maupun Custom room. Untuk mengetahui apa itu Custom Room kamu bisa baca Pengertian Custom room,kelebihan serta kekurangannya

Para pengguna Smartphone Android biasanya membawa Smartphone tersebut ke tukang service untuk melakukan flash ulang Tapi adakalanya juga para pengguna mengetahui bagaimana cara melakukan flashing tersebut agar suatu hari ketika kamu ingin melakukan flashing kamu dapat melakukannya sendiri karena dengan begitu tentunya kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar tukang service tersebut.

"Kalau bisa diperbaiki sendiri kenapa enggak ??"

Namun untuk melakukan flash ini tidak semuanya berjalan dengan lancar, kamu harus teliti dalam memilih firmware/Room yang sesuai dengan type Smartphone Android kamu, karena apabila tidak sesuai dengan type Smartphone Android kamu dapat menyebabkan bootloop atau stuck di logo.

kelebihan melakukan flashing adalah membuat Hp kita seperti baru dan yang lebih menguntungkannya lagi Kamu dapat meningkatkan performa Smartphone Android kamu. Namun kekurangan flashing adalah apabila kamu gagal atau salah memilih fimrware dapat menyebabkan softbrick atau yang lebih parahnya lagi Hp kamu akan mati total.

Karena itu harap cek terlebih dahulu type Hp Android kamu, untuk mengeceknya kamu bisa buka Menu pengaturan(Setelan) lalu cari tentang ponsel/about phone.

Apa saja alasan seseorang melakukan flashing ?

1. Flash dapat mengatasi aplikasi yang sering force close



Salah satu alasan seseorang ingin melakukan flash adalah aplikasi yang digunakan sering force close.
Aplikasi yang sering force close memang sangat menyebalkan terutama apabila kamu sedang sedang asik bermain Smartphone dan  tiba-tiba force close.

2.  Flash dapat meningkatkan Performa Smartphone



Kecepatan kinerja Smartphone memang menjadi prioritas kita sebagai pengguna, Dengan melakukan flashing tentunya kamu dapat meningkatkan Performa Smartphone Android kamu agar lebih lancar.
Selain itu kamu juga dapat menambahkan fitur pada Smartphonemu atau bahkan menghilangkan fitur yang tidak digunakan pada Smartphonemu.

3. Flash dapat menghilangkan virus yang cukup parah 



Nah kalau ini saya pernah mengalaminya, Virus tersebut tidak dapat dihilangkan dengan factory reset jadi saya harus melakukan flashing. karena dengan melakukan flashing tentunya virus yang ada pada Smartphone akan menghilang.

Masih banyak alasan lainnya kenapa seseorang harus melakukan flashing kepada Smartphonenya.

Lalu apa saja yang perlu disiapkan sebelum melakukan flashing ??

  • Pastikan kamu membackup Fimrware/Room Smartphone Android kamu terlebih dahulu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan karena dengan begitu apabila kamu salah menginstall room atau room yang kamu install tidak cocok, Kamu dapat merestorenya kembali. Untuk backup Room kamu bisa menggunakan CWM(ClockWorkMood) atau TWRP. Untuk menginstal Cwm/twrp kamu bisa googling sendiri caranya sesuai type Hp kamu.
  • Selain membackup Room pastikan kamu juga membackup data-data yang penting seperti aplikasi,kontak,foto,dll. Supaya nantinya data-data tersebut tidak hilang ketika melakukan flash.
  • Backup Imei Smartphone kamu terlebih dahulu, karena terkadang ketika kamu telah selesai melakukan flash, Nomor imei pada Smartphone kamu akan menghilangkan dan karena itu kamu tidak dapat menerima sinyal jaringan. Untuk menghindari hal tersebut kamu dapat backup sebuah folder yang bernama "EFS" yang menyimpan nomor imei Smartphonemu. Tapi bagaimana apabila imei yang kamu gunakan terlanjur menghilang ?? kamu bisa baca Cara mengembalikan imei Android yang hilang.
  • Yang terakhir pastikan baterai Smartphonemu dalam kondisi penuh, Setidaknya sebelum melakukan flashing kamu harus siapkan baterai 80% karena jika Smartphone kamu tiba-tiba mati saat melakukan flashing kamu dapat mengalami hardbrick atau mati total, jadi sebelum melakukan flash pastikan kamu mengecek tingkat baterai karena itu sangat penting sekali
Itulah setidaknya Hal-hal yang perlu dilakukan sebelum memulai proses flashing. Setelah semuanya lengkap selanjutnya adalah menyiapkan bahan-bahan untuk melakukan flashing, apa saja itu ??

1. Fimrware/Room

yang pertama adalah siapkan Fimrware/Room yang akan kamu install dan pastikan juga sesuai dengan type Smartphone kamu, Fimrware ini ada 2 macam yaitu fimrware resmi yang langsung dari vendornya (Stock Room), dan ada fimrware yang sudah dimodifikasi atau yang lebih kita sebut (Custom room).

Untuk mendownload firmware kamu dapat mencari diwesite resminya atau non resmi (Custom Room) juga tersedia, namun Room dari website non resmi biasanya terdapat bug, berbeda dengan room yang ada pada website resmi biasanya jarang ditemukan bug.

Jadi apabila kamu ingin menginstall room dari website non resmi pastikan kamu mengetahui bugnya terlebih dahulu, Untuk mengetahui bug apa saja yang ada pada room tersebut kamu bisa mengetahui di deskripsi atau forum-forum yang membahas tentang room tersebut seperti XDA Developers.


2. Driver Smartphonemu

Terdapat beberapa Smartphone yang harus melakukan flashing dengan pc, Apabila kamu flash menggunakan Pc pastikan kamu mengisntall driver Sesuai dengan type smartphonemu agar bisa dikenali komputer, Contohnya apabila kamu menggunakan Smartphone Samsung maka kamu harus menginstall Samsung Usb driver, dll.

3. Software flashing

Setelah Room dan Driver lengkap selanjutnya adalah menyiapkan software untuk flashing, karena software ini yang nantinya akan memproses room kedalam perangkat smartphone. Software untuk flash itu sendiri berbeda-beda seperti samsung yang menggunakan odin,Smartphone berbasis mediatek menggunakan sp flashtool, research download,dll

Itulah sedikit pengertian flashing dan langkah-langkah pentingnya, 

Semoga bermanfaat



Berlangganan update artikel terbaru via email:

13 Responses to "Pengertian Flashing dan langkah-langkah pentingnya"

  1. Jadi ngerti tips2 flashing. Nice info gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-Sama gan, Terima kasih telah berkujung

      Delete
  2. bagus...nambah ilmu saya yg baru belajar.tks

    ReplyDelete
  3. kalau flashing tu data data di hp kita ilang apa ngga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Data-datanya hilang, makanya pastikan dulu sebelum Flashing data-datanya dibackup dulu

      Delete
  4. Istilah EFS utk menyimpan no imei tu d mana kita bisa mendapatkannya gan

    ReplyDelete
  5. Klo hp kita ada bacaan fastboot itu knapa.ya?

    ReplyDelete
  6. Wah nice info gan, Pengertiannya mudah dipahami

    ReplyDelete
  7. Apakah bisa dengan cara flashing imei akan kembali lagi?

    ReplyDelete
  8. Ketika terjadi kerusakan kamera belakang redmi note 5 itu kira kira di flashing bisa gak ya ? Mohon pencerahnya

    ReplyDelete
  9. Mas kalo fastboot Xiaomi redmi 5a saya melalui CMD apa kah nanti semua data akan hilang dan hp saya akan seperti hp baru
    Apa bila saya

    ReplyDelete
  10. wihhh mantep gan postingannya, Sangat membantu

    ReplyDelete

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel