-->

Cara menghilangkan virus di Android Dan Mengetahui Penyebabnya




Saat ini banyak sekali orang menggunakan smartphone, baik orang dewasa maupun remaja tidak luput dari penggunaan smartphone terutama android. Karena banyaknya pengguna android membuat sebagian orang jahil menjadikan sistem operasi ini sebagai sasaran untuk menyusupkan program – program jahat salah satunya malware / virus dan virus itu sendiri bermacam-macam jenisnya.

Biasanya Android yang terkena virus akan mengurangi kinerja android tersebut, contohnya seperti smartphone android tersebut lebih lambat dari biasanya / hang dan yang lebih parahnya ketika kita membuka aplikasi sering terjadi force close / crash.

Dan sebaiknya kita harus cepat dalam menyikapi hal yang satu ini, karena tidak baik jika terlalu lama dibiarkan dan harus di atasi dengan benar.

Banyak sekali penyebab android dapat terserang virus diantaranya:

1. Mengisntall aplikasi yang tidak jelas sumbernya

Virus juga dapat masuk melalui aplikasi yang tidak jelas sumbernya, yang bukan berasal dari google play Dan bisa saja aplikasi telah dimodifikasi serta disusupi dengan berbagai virus yang dapat mengganggu kinerja Smartphone Android.

Oleh sebab itu kita perlu memperhatikan apakah aplikasi tersebut aman / bersih dari virus dan menginstall aplikasi dari sumber terpercaya seperti Google Play, karena pada google play sendiri setiap aplikasi yang di rilis sudah pasti melalui tahap uji kelayakan. Namun tidak menutup kemungkinan masih banyak aplikasi pada Google play yang masih berisi malware / virus yang cukup mengganggu penggunanya.

2. Transfer data antar perangkat

Mungkin kita sering melalukan transfer data dari perangkat lain, Namun apakah kalian ketahui Virus juga bisa masuk ke perangkat kita lewat aktivitas ini, contohnya kita sering melakukan transfer data dengan smartphone teman kita, baik menggunakan Bluetooth atau melalui media transfer lainnya. Karena itu kita harus pastikan kembali apakah data tersebut bersih dari malware atau tidak.

3. Mendownload file dari situs yang tidak aman

Bagi kamu yang suka download aplikasi, musik, game, video, dan file lainnya, pastikan terlebih dahulu apakah website tempat download file tersebut aman dan tidak mengandung virus, Karena internet merupakan jalur yang paling rentan masuknya virus ke perangkat kita.

4. Mengunjungi situs yang bervirus

Penyebab masuknya virus ke perangkat kita adalah mengunjungi situs yang bervirus, Mungkin tanpa kita ketahui kita sering mengunjungi situs yang mengandung malware Namun biasanya apabila situs tersebut terdeteksi mengandung virus, Google akan memberikan peringatan terlebih dahulu apakah kita akan melanjutkan membuka situs tersebut / tidak.

Mungkin itu beberapa penyebab masuknya virus ke Smartphone kita, lalu bagaimana cara membersihkan smartphone kita sudah tersusupi virus ? Berikut ringkasannya

Cara menghilangkan virus di android 

Cara menghilangkan virus itu sendiri berbeda-beda tergantung ketangguhan dari virus itu sendiri, namun kalian bisa coba langkah dan penjelasan di bawah ini:

1. Menghapus aplikasi dengan safe mode


Langkah ini bisa dicoba terlebih dahulu karena dengan langkah ini kita tidak memerlukan aplikasi melainkan hanya tinggal masuk safe mode. Dalam safe mode kamu bisa dengan mudah melihat apakah ada aplikasi yang mencurigakan atau aplikasi yang tidak pernah kamu install.

Apabila kamu menemukan aplikasi yang mencurigakan segeralah hapus aplikasi tersebut karena bisa jadi itu adalah virus tersembunyi yang dapat merusak sistem android kamu. Untuk masuk safe mode setiap ponsel berbeda-beda silahkan kamu cari sendiri sesuai dengan ponsel android kamu.

Namun jangan asal dalam menghapus aplikasi, kamu harus pastikan bahwa aplikasi tersebut benar-benar aplikasi yang terinveksi virus.

2. Menginstall antivirus 


Langkah selanjutnya kamu bisa menginstall antivirus untuk menghapus file dan aplikasi yang terinveksi virus, kamu bisa menggunakan antivirus terbaik seperti Avg, Bitfender, Avast, dan masih banyak lainnya.

Kamu bisa menginstall antivirus yang sesuai dengan spesifikasi Ponselmu yang tentunya tidak banyak membebani kinerja Ponsel yang kita gunakan, Namun apabila spesifikasi Ponsel kamu rendah kamu bisa mencoba antivirus 360 security karena aplikasi antivirus ini tidak terlalu banyak memakan Ram.

Dengan menggunakan antivirus dapat memudahkan kamu untuk menghapus aplikasi virus secara langsung, selain menghapus virus kamu juga dapat melindungi dan mencegah virus masuk ke dalam ponsel kamu.


3. Mengatur ulang Android dengan setelan pabrik / Factory Reset


Cara ini bisa kamu lakukan apabila Ponsel kamu terkena virus yang cukup parah, namun cara ini menghapus semua data yang tersimpan pada Ponsel kamu, lakukan backup data terlebih dahulu terutama data-data yang penting yang ada pada memory internal.

Untuk melakukan factory reset kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut :

Factory reset melalui Menu Setelan / pengaturan

  • Masuk ke setelan / pengaturan   
  • Cari menu "buat cadangan dan setel ulang"
  • Lalu pilih setelan pabrik
  • Tunggu beberapa menit hingga proses selesai sekitar 3-10 tergantung banyaknya yang ada pada Hp kamu. 

Factory reset melalui Mode Recovery
  • Matikan Hp kamu terlebih dahulu
  • Lalu tekan dan tahan Volume up + Home + Power secara bersamaan sampai muncul recovery mode
  • Setelah masuk recovery mode silahkan pilih Factory reset / wipe data lalu pilih menu Yes
  • Setelah proses selesai pilih lagi menu Reboot System Now   


4. Melakukan Flash ulang / Menginstall ulang ROM Android kamu


Apabila dengan melakukan factory reset Hp kamu masih terkena virus berarti virus yang ada pada Hp kamu sangat parah, Ini adalah cara terakhir yang dijamin ampuh menghilangkan virus, Namun cara ini sangat sulit untuk pengguna Android pemula karena setiap Hp memiliki Langkah-langkah yang berbeda.

Mungkin untuk cara dan penjelasannya saya akan membahasnya pada postingan selanjutnya. Sekian beberapa cara menghilangkan virus Android dan penyebabnya.

Semoga bermanfaat dan Terima kasih.
 

 

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
  
 
 
 
 

 
 
 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara menghilangkan virus di Android Dan Mengetahui Penyebabnya"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel